Jumat, 14 April 2023

57 Peserta Ikuti UKK Mandiri SMK Islam Yapim Manado


Manado--(14/04/2023)
SMK Islam Yapim Manado kembali mendapatkan izin untuk melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) secara mandiri. Hasil ini diperoleh setelah tim verifikator dari Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara melakukan verifikasi kesiapan Tempat Uji Kompetensi (TUK) di SMK Islam Yapim Manado. 57 (lima puluh tujuh) peserta UKK yang terdaftar untuk mengikuti UKK mandiri ini.

Adapun perincian peserta adalah 18 siswa dari kelas Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), 12 siswa kelas Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), 10 siswa kelas Usaha Perjalanan Wisata (UPW), dan 17 siswa kelas Perhotelan (PHT). UKK Mandiri SMK Islam Yapim Manado ini dilaksanakan selama 6 (enam) hari mulai tanggal 10 – 15 April 2023.



Kepala SMK Islam Yapim Manado Dra. Hj. Rosmiaty Limonu mengatakan pelaksanaan UKK tahun ini sama dengan tahun lalu yakni dilaksanakan di tengah-tengah bulan ramadhan. Karena memang kalender pendidikannya bertepatan dengan bulan suci ini.   Meskipun kami laksanakan di bulan ramadhan substansi pelaksanaan UKK tidak mengalami pergeseran yakni berupaya untuk menciptakan lulusan SMK yang handal dan siap untuk turun di dunia kerja, imbuh sosok figur yang akan menjalani purna bakti tahun depan ini.


Bakri, M.Pd.I ketua panitia UKK menambahkan secara teknis pelaksanaan UKK dapat ditempuh melalui 3 (tiga) jalur yakni UKK oleh Dunia Kerja atau Asosiasi Profesi, UKK oleh SMK bersama Lembaga Sertifikasi yang berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan UKK oleh SMK bersama Mitra Dunia Kerja. SMK Islam Yapim Manado sendiri memilih jalur yang ketiga yakni UKK Mandiri. UKK Mandiri sendiri dapat dilaksanakan oleh satuan pendidikan ketika telah mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan Daerah setelah sebelumnya dilakukan verifikasi TUK. Seperti tahun sebelumnya SMK ini dapat melaksanakan UKK Mandiri setelah mendapatkan hasil dengan predikat sangat layak dalam penilaian verifikasi.


Pelaksanaan UKK SMK Islam Yapim Manado melibatkan 12 asesor, yang terdiri atas 4 asesor ekternal dan 8 asesor internal. Empat asesor ekternal berasal dari Triver Komputer Manado, PT. Perkonsuma Manado (PT. Hasrat Abadi Grup), Hotel Sahid Kawanua, dan Savira Tours & Travel. Delapan asesor internal adalah guru produktif kejuruan masing-masing. #bakri_1945






 

2 comments:

  1. Semoga lulusan SMK Yapim dapat bersaing di dunia industri dengan adanya pembekalan dan pengembangan kompetensi yang diberikan oleh para guru dan asesor yang kompeten di bidangnya.. SMK Bisa SMK Hebat. Ganbatte!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Yaa Rabbal 'Alamiin. Alumni SMK harus mampu bersaing di dunia kerja dan industri selain peran guru produktif, guru tamu, dan asesor eksternal, peran pemerintah dalam hal fasilitasi sangat penting begitu juga dengan peran masyarakat. BRAVO SMK!!

      Hapus