Sabtu, 08 April 2023

SMK Islam Yapim Manado Gelar Buka Puasa Bersama


Manado (08/04/2023)
– SMK Islam Yapim Manado menggelar buka puasa bersama di hari ke tujuh belas ramadhan 1444 H. Kegiatan ini dirangkaikan dengan peringatan nuzulul quran dan doa bersama menjelang Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang rencananya akan dilaksanakan pada 10 – 15 April 2023 minggu depan. Turut menghadiri acara ini seluruh peserta didik, dewan guru, tenaga administrasi, dan pimpinan SMK Islam Yapim Manado.

Acara diawali dengan mendengarkan lagu-lagu sholawat nabi, sambutan kepala sekolah, tausiyah, dan zikir berjamaah, serta doa untuk kelas 12 yang akan menghadapi UKK tahun ini. Dalam sambutannya kepala sekolah Dra. Hj. Rosmiaty Limonu mengatakan bahwa pertemuan hari ini adalah pertemuan keagamaan dalam bentuk tazkir terakhir antara kelas 12 dengan kelas 10 dan 11. Oleh karenanya seharusnya kegiatan ini diikuti oleh semua peserta didik khususnya kelas 12. Kelas 12 sudah seharusnya memberikan contoh terbaik untuk adik-adik kelasnya, tambahnya.

Dalam tausiyahnya ustadz Bakri, S.Pd.I.,M.Pd.I memaparkan pentingnya ibadah puasa bagi umat Islam. Perintah puasa tidak hanya diperintahkan bagi umat Islam tapi juga umat-umat terdahulu. Hal itu menunjukkan bahwa ibadah puasa adalah ibadah yang paling tua dan memiliki fungsi dan manfaat yang luar biasa. Diantara hikmah dari pelaksanaan puasa adalah manusia diajarkan pentingnya arti kesabaran dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan ujian dan cobaan. Manusia harus memiliki ketangguhan dalam menghadapinya, dan tolok ukur ketangguhan manusia adalah kesabaran yang dimiliki, ujarnya.

Puasa terdiri atas lima huruf yaitu P,U,A,S, dan A. Setiap huruf memiliki akronim yang patut untuk kita renungkan. P berarti puasa itu adalah perintah pengendalian diri, karenanya puasa mengajarkan kita untuk senantiasa mengendalikan diri atas segala unsur diri kita baik jasmani ataupun rohani, baik dhohir maupun batin. Huruf kedua U artinya perintah puasa hnay untuk orang yang beriman dan bertakwa. Huruf ketiga A artinya dalam bulan ramadhan amalan-amalan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah, begitu juga dengan kemaksiatan yang dilakukan oleh umat manusia. Huruf keempat S, bulan ramadhan harus disambut dengan suka cita, jangan bersedih ketika datang bulan yang suci dan mulia. Yakinlah Allah akan mengangkat beban-beban kita, Allah akan menyucikan dan memuliakan hambanya yang bertakwa. Dan terakhir huruf A, artinya ada garansi bahwa Allah akan memasukkan orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam berpuasa ke dalam surgaNya yang luas dan penuh kenikmatan.

Acara diakhiri dengan zikir bersama untuk kesuksesan dan kelancara UKK SMK Islam Yapim Manado tahun 2023. Peserta didik mengikuti zikir ini dengan khusu’ penuh harap ridho dari Allah Swt. Selanjutnya acara ditutup dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah. #bakri_1945

2 comments:

  1. Indahnya saling berbagi dan menjaga tali silahturahmi dibulan suci ramadhan tahun ini, setelah 2 tahun yang lalu saling menjaga jarak akibat pandemi, kiranya dibulan yang baik ini kita semakin dieratkan lagi dalam menjaga tali silahturahmi dan persaudaraan kita diantara siswa-siswi, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah SMK Islam Yapim Manado. SMK Bisa SMK Hebat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silaturahmi memperpanjang usia dan membuka pintu rizki, salam dan jabat hangat dari keluarga besar SMK Islam Yapim Manado

      Hapus