Kamis, 06 April 2023

SMK Islam Yapim Manado Join Bimtek Blended Learning


Makassar (6/04/2023)
– SMK Islam Yapim Manado kembali mengirimkan salah satu gurunya untuk mengikuti kegiatan Bimtek Penguatan Pebelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Blended Learning. Kegiatan ini digagas oleh Subdit PAI SMA/SMALB/SMK Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Upaya meningkatkan kompetensi bagi guru terus dilakukan agar mampu memenuhi dan menjawab tantangan zaman. Semangat pembelajaran abad 21 meniscayakan siswa dan guru agar lebih peka terhadap perubahan ke era digital. Hal tersebut disampaikan Kasubdit PAI pada SMA/SMALB dan SMK M. Adib Abdushomad dalam acara Bimbingan Teknis Penguatan Pembelajaran PAI SMA/SMALB/SMK Berbasis Blended Learning Angkatan 1 di Makassar.

M. Adib Abdusshomad juga memberikan penekanan bahwa peran penting Guru PAI dalam konteks digitalisasi informasi dan komunikasi. Pola pikir dan kompetensi digital yang mendukung efektivitas pembelajaran terletak di tangan para guru PAI. Dalam hal ini, metode blended learning (offline dan online) dirasakan cocok diterapkan di era digitalisasi informasi dan komunikasi ini, tambah lelaki yang biasa disapa dengan panggilan gus ini.

Salah satu acara yang sangat diminita adalah sesi tanya jawab terkait materi paradigma jalan tengah. Materi ini sendiri dibawakan oleh Prof. Hamdan Juhannis, M.A.,Ph.D. Dalam uraiannya rektor UIN Alauddin Makassar ini mengatakan bahwa paradigma jalan tengah adalah jalan bagi keselamatan jiwa, kedamain hati, dan keteraturan laku. Selain itu jalan tengah juga dapat dimaknai sebagai ideologi sekaligus metodologi beragama yang baik untuk merawat keberagaman dan keberagamaan kita sebagai bangsa. Jalan tengah ditujukan untuk memperkuat DNA Islam washatiyyah.

Kegiatan yang diikuti oleh pelatih provinsi seluruh Indonesia Timur ini juga melibatkan dua utusan dari Sulawesi Utara yaitu Bakri peraih Anugerah Juara Tiga Nasional 2021 sebagai Guru Pelopor Moderasi (SMK Islam Yapim Manado) dan Supriadi peraih Anugerah Guru PAI Berprestasi tingkat Nasional 2022 (SMAN 1 Manado). Keduanya juga tercatat sebagai Ketua Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Provinsi Sulawesi Utara dan Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Provinsi Sulawesi Utara.

Bimtek ini sendiri yang diselenggarakan dari tanggal 4 hingga 6 April 2023 ini menyajikan beragam materi, yakni PAI dalam Kurikulum Merdeka dan Penyusunan Modul Ajar, Urgensi Paradigma Jalan Tengah dalam Memperkuat DNA Islam Wasathiyah, PPKB dan Kompetensi Guru PAI Abad 21: Tantangan dan Solusi ke Depan, Metode Pembelajaran PAI Berbasis Blended Learning: Teori dan Praktik, Best Practice Manajemen Tata Kelola Kegiatan MGMP PAI SMA/SMK, serta Posisi dan Peran Strategis PAI dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila. #bakri_1945

 


3 comments:

  1. Sukses GPAI terus belajar dan berkarya

    BalasHapus
  2. Guru Berdaya Siswa Berjaya, belajar dan berkarya bersamapak.

    BalasHapus
  3. Guru pembelajar, belajar tiada henti

    BalasHapus